Etc

Salam Sapa Blogger Energy

Kata orang, dunia itu kecil. Mungkin hal yang sama bisa diaplikasikan ke dunia blogging, dunia baru yang mulai gue tenggelami baru-baru ini. Banyak orang sama yang bisa kita temui berkali-kali di blog yang berbeda, khususnya di kolom komentar. Tapi bukan orang, melainkan sebuah grup blogger yang menarik perhatian gue. Nama grup tersebut Blogger Energy.

Blogwalking sebentar, ketemu anggota Blogger Energy, baca post orang, ada yang referensi buat ikutan komunitas Blogger Energy, jalan-jalan sore di dunia maya, ketemu lagi mengenai grup ini.  Tergelitik, gue coba cari tahu mengenai komunitas blogger ini, yang rupanya adalah komunitas khusus blogger personal. Dalam hati, “Wah, cocok juga kayaknya buat ikutan grup ini”.

Selidik punya selidik, ternyata komunitas ini punya persyaratan tersendiri untuk bisa bergabung, yaitu membuat artikel berjudul “Salam Sapa Blogger Energy”” yang menceritakan tentang kenapa kita (gue) memilih untuk jadi personal blogger. Quite an intriguing requisite, cara yang cukup unik untuk menseleksi keseriusan tiap calon member-nya untuk bisa join.

And so the story goes,

Gue bukan penulis, juga bukan seseorang yang punya riwayat menulis di keluarga gue. Kata orang, gue itu Jack of All Trades, bisa banyak, tapi gak ada bidang yang dikuasain. Dari olahraga, pengetahuan flora dan fauna, sampai mengenai semesta, banyak bidang gue tertarik buat pelajarin, alhasil gue mengerti sedikit banyak mengenai bidang tersebut. Tapi kalau ditanya lebih dalem? Gue cuma bisa pasang tampang polos sambil bilang “Segitu aja yang gue tau”.

Kalau orang bilang,”Duh sayang banget gak didalemin lagi”, gue gak bisa bilang banyak. Gue setuju kalau memang sayang kalau gak dilanjutin, tapi apa daya kalau rasa ingin tahu mengenai bidang itu sudah habis. Percuma belajar sesuatu kalau gak ada lagi minat.

Sampai satu titik, di saat umur gue udah menyentuh kepala 2, barulah gue sadar kalau sebetulnya gue gak bisa-apa kalau begini terus. Sekilas info, gue punya ADHD, yang bikin gue susah banget fokus ke satu hal. Hal ini yang terus-terusan gue jadiin alesan selama 20 tahun untuk berhenti belajar sesuatu.

Besarnya rasa penasaran di awal gak bakal ada gunanya kalau gak dibarengi sama motivasi dan kemauan, ditambah hal-hal yang gue jadiin alasan untuk berhenti belajar lebih. At this point, gue sadar kalau ngga berubah, gue gak bakal jadi siapa-siapa, dan gak bakal bisa apa-apa. No one wants to be that kind of person.

Itulah salah satu alesan kenapa gue mulai menulis. Karena dengan menulis, setidaknya kita bisa menjabarkan apa isi otak kita, dan apa yang ingin kita katakan dengan jauh lebih mudah (karena ada tombol backspace). Dengan menulis juga, setidaknya gue tahu apa yang dari dulu gue pengen tahu, yaitu mengenal diri gue secara lebih jauh. Gimana caranya? Dengan menuliskan isi pikiran gue, apa yang menjadi permasalahan, sudut pandang gue selama ini dan cara merubahnya, dan kemudian menuangkannya ke dalam tulisan.

The point is, alesan kenapa jadi personal blogger adalah untuk mengenal diri gue lebih jauh lagi, untuk memaknai kenapa terjadi sesuatu di hidup gue, dan  berharap semoga pelajaran yang gue ambil bisa berguna juga buat orang lain. Yang terjadi berikutnya, urusan semesta.

Salam sapa Blogger Energy. 🙂

Photobucket

20 thoughts on “Salam Sapa Blogger Energy

  1. Halo!!!
    Bener juga kok kalo blogging itu mengenal diri sendiri dan bs ‘tracking’ dulunya begimana. Aku juga gt, sering geli liat postingan masa lalu haha tapi ya jadi tau kalo trnyata aku juga bisa berkembanggg

    Salam kenal ya~~ baru sempet mampir kesisni

    1. iyaa kak, semacem self reminder tapi bisa jg buat liat progress diri sendiri kyk “oh waktu itu gue mikir begini ya” hehe. salam kenal juga kak! no worries, makasih udah mampir 🙂

  2. udah lama ga pernah gabung komunitas blogger, hah! kadang pengen, klo keinget komunitas blogger jaman dulu (rumah blogger) jadi pengen gabung lagi, ketemu orang-orang baru, tp terkadang yaa itu sih, belum tergerak banget hatinya buat gabung #halaah

    tapi seru kan blogging, kita seakan akan kenal sama orang-orang yang suka wara wiri di kolom komentar di blog, padahal belum pernah ketemu, hehe

    1. aku ikutan grup blogger ini karena bener-bener baru mulai blogging banget sih kak, bingung mulai darimananya dan sekalian nyari kenalan baru dan biar bisa dapet feedback juga, apa daya sampe sekarang belum dapet respon balik sama sekali 🙁

      tapi iya sih, jadi bisa kenal dan ngobrol sama orang walaupun mungkin terpisah jarak ribuan kilometer hahaha

  3. Hai aku juga udah sering liat simbol grup blogger ini dimana mana. tapi gak tau daftarnya dimana. Haha

    Asik juga ya ada program posting salam sapa blogger energy.

    Well salam kenal ya yonathan. Panggilannya siapa ni?
    Gue punya temen namanya jonathan tapi panggilannya Jo.

    Terus terus.. Gue juga sama kayak lo, bisa banyak tapi ga ada yg ahli.
    Akhirnya milih nulis aja deh

    1. hai leli! salam kenal juga ya, kayaknya sih rata-rata orang yang namanya yo/jonathan panggilannya jo juga hahaha. bisa jadi “jo community” mungkin.

      kalau mau daftar tinggal bikin post serupa, terus isi formnya di http://www.bloggerenergy.com (berasa ambassadornya)

      salam sesama jack of all trades! kalau gue memutuskan untuk nulis karena gue berpikir gue bakal lebih ngerti tentang diri gue sendiri melalui blogging, cheesy banget sih emang tapi yaudahlah hahaha. btw makasih ya udah berkunjung! 🙂

  4. Ciehh yang sekarang ngblog. Baru ngeblog yah?? Yang semangat yah nulisnya..

    Tulisannya bagus kok, bahasanya mengalir. Yang penting nulis itu konsisten. Buat jadwal yang pasti tentang menulis. Tantang diri sendiri untuk menerbitkan sebuah tulisan dengan jadwal yang sudah disepakati. Misal seminggu sekali harus apdet minimal 1 postingan. Nah, pegang teguh janji itu.

    Yang paling penting lagi, jadi diri sendiri. Gak perlu niru-niru gaya penulisan orang lain. Setiap orang punya gayanya sendiri.

    1. Halo bro! iya nih baru ngeblog banget bro. Bener-bener mulai dari 0 jadi banyak banget yang harus dipelajarin, tapi setidaknya kali ini punya niat buat konsisten hahaha. Setuju banget sama yang terakhir, ujung-ujungnya pasti capek sendiri kalau niru gaya orang lain. Btw makasih udah berkunjung 🙂

A comment is another form of motivation for the writer. Do share what's on your mind!